Yuk, kurangi food waste mulai dari rumah!

Diperbarui: Nov 16

Tahukah kalian, saat ini food waste telah menjadi suatu permasalahan yang serius hampir di seluruh bagian dunia, lho! Menurut Food Sustainability Index 2017 yang dikutip oleh detik.com, negara Indonesia telah diakui sebagai negara peringkat kedua penyumbang limbah makanan paling banyak di dunia. Selain itu, data dari Badan Ketahanan Pangan Kementan yang dikutip oleh mediaindonesia.com, food waste di Indonesia mencapai 1,3 juta ton setiap tahunnya yang mana 113 kilogram berasal dari rumah tangga. Sangat memprihatinkan, bukan?

Photo by Chandra Oh on Unsplash


Kebanyakan masyarakat saat ini tidak terlalu mementingkan masalah food waste atau biasa disebut dengan limbah makanan. Kebanyakan mereka mengira limbah makanan ini akan terurai dengan sendirinya karena termasuk ke dalam sampah organik. Padahal apabila ditinjau lebih jauh, penguraian dari limbah makanan dapat menghasilkan metana yang merupakan gas rumah kaca yang dapat menghangatkan atmosfer 21 kali lebih kuat daripada karbon dioksida!


Kita bisa mulai mengurangi food waste dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan kecil di rumah. Hal-hal tersebut seperti membiasakan untuk selalu menghabiskan sisa makanan setiap kali kita makan, memperhatikan tanggal kadaluarsa pada makanan, hingga melakukan tata cara penyimpanan makanan yang benar agar makanan tidak cepat rusak.


Perlakuan membuang-buang makanan, kerap kali masih sering kita temui seperti pada kebiasaan mengambil atau "menyendok" porsi makanan yang berlebihan. Hal ini tentu dapat menyebabkan terjadinya food waste karena porsi makanan yang diambil melebihi kebutuhan yang seharusnya. Kebiasaan tersebut harus segera diubah yaitu dengan cara mengambil porsi makanan yang sekiranya mencukupi dengan kebutuhan saat itu. Adapun, apabila ternyata makanan terpaksa meninggalkan sisa, maka dapat dilakukan penyimpanan terlebih dahulu sehingga makanan tersebut bisa dihabiskan nantinya.


Kebiasaan di rumah yang dapat mengurangi food waste, juga bisa kita lakukan dengan cara memperhatikan tanggal kadaluarsa pada setiap makanan yang kita simpan. Dengan cara ini, makanan tersebut tidak akan terlewat untuk kita konsumsi, serta dapat menghindari terjadinya pembuangan pada makanan.


Pentingnya untuk memperhatikan penyimpanan makanan juga dapat mengurangi food waste, lho. Apabila kita menyimpan makanan dengan benar, maka makanan tersebut tidak akan cepat membusuk. Kita dapat memanfaatkan lemari khusus penyimpanan, kulkas, atau tempat khusus lainnya yang mana bisa menjadikan makanan yang akan kita simpan tidak mudah basi atau membusuk.



Photo by The Creative Exchange on Unsplash


Selain itu, untuk mengurangi food waste di rumah juga dapat dilakukan dengan memberi atau membagikan makanan yang berlebih kepada kerabat terdekat. Kita bisa berikan kepada teman, keluarga, tetangga atau kerabat lainnya. Selain dapat mengurangi food waste, dengan hal tersebut, kita juga dapat menjalin sosialisasi serta meningkatkan hubungan kekerabatan yang lebih baik, lho!


Melalui beberapa kegiatan di atas, ternyata dengan mengurangi food waste di rumah, kita tidak serta merta hanya menyelamatkan lingkungan saja, tetapi juga bisa meningkatkan rasa persaudaraan terhadap sesama. Kita semua tentu bisa berkontribusi dalam menyelamatkan lingkungan yaitu mulai dari kegiatan-kegiatan mudah yang bisa dilakukan di rumah. Maka dari itu, melalui hal-hal kecil tersebut diharapkan dapat menjadi pencapaian yang besar sehingga mampu membantu mengurangi permasalahan lingkungan yang ada hingga saat ini.


Penulis : Khairunnisa Sabila Permana


Sumber :

www.mediaindonesia.com

www.health.detik.com

18 tampilan

Surplus Indonesia

PT Ekonomi Sirkular Indonesia

Gedung KUK Lantai 3 Room A - 303A
Jl. Utan Kayu Raya No. 68H, Utan Kayu Utara, Matraman, Jakarta Timur 13120
Telp. 021-22081284 (Senin–Jumat pk. 09:00–18:00WIB)

BISNIS

KOSTUMER

©2020

  • Black LinkedIn Icon
  • Black Instagram Icon
  • Black Twitter Icon