Bersama DBS dan Bukalapak, Yayasan Surplus Salurkan Donasi 1 Ton Produk Makanan dan Minuman

Diperbarui: 13 Okt


Penyerahan simbolis donasi Bukalapak
Ceremonial peresmian kolaborasi YSPP bersama DBS dan Bukalapak (29/09/2022) (Sumber: dokumentasi pribadi)

Bertepatan dengan International Day of Awareness of Food Loss and Waste, tanggal 29 September 2022, Yayasan Surplus Peduli Pangan (YSPP) menghadiri peresmian kolaborasi bersama Bank DBS Indonesia dan Bukalapak. Kegiatan ini melanjutkan kolaborasi YSPP dengan Bank DBS yang sebelumnya telah melakukan aksi penyelamatan stok makanan berlebih lalu didonasikan kepada adik-adik di beberapa Panti Asuhan Yatim & Piatu sekitar Jakarta. Bentuk partisipasi Bukalapak dalam program ini adalah mendonasikan sejumlah produk makanan berlebih dari gudang Mitra Bukalapak kepada YSPP. Produk-produk tersebut selanjutnya akan disalurkan langsung oleh YSPP dan relawan dari DBS kepada penerima manfaat di beberapa lokasi sekitar Jakarta.


Pengecekan produk bukalapak
Pengecekan produk donasi batch pertama (29/09/2022)

Diestimasikan sejumlah 1 ton produk makanan dan minuman instan nearly expired date akan didonasikan kepada 250+ penerima manfaat di beberapa lokasi sekitar Jakarta. Dengan menyelamatkan jumlah produk tersebut, program ini telah mencegah ± 1,43 ton CO2e total emisi yang berpotensi dihasilkan jika produk-produk tersebut berakhir menjadi sampah makanan. Jenis produk yang didonasikan diantaranya produk minuman berbasis susu, mie instan, dan beberapa jenis makanan ringan. Produk makanan yang sudah tidak layak konsumsi juga akan diolah menjadi elemen yang berguna untuk pelestarian lingkungan.



Dukung Kegiatan Edukasi Adik-adik di Yayasan Obama Indonesia

Yayasan Surplus Donasi ke YOI Skul
Penyaluran donasi kepada Yayasan Obama Indonesia (YOI) Skul (30/09/2022) (Sumber: dokumentasi pribadi)

Penyaluran donasi ke YOI Skul, Jakarta Selatan
(30/09/2022) (Sumber: dokumentasi pribadi)

Produk-produk batch pertama telah disalurkan kepada 100+ penerima manfaat di YOI Skul yang berlokasi di Menteng Atas, Jakarta Selatan. Kedatangan YSPP disambut dengan baik oleh Pakde Bowo selaku Ketua Yayasan Obama Indonesia. Selain bentuk dukungan sosial, kegiatan donasi ini juga memberikan dukungan untuk kegiatan edukasi yang rutin dijalankan. Salah satu pengurus YOI Skul yang akrab dipanggil Om Kahfi memberi tanggapan, “kami tidak ingin mendidik anak-anak bahwa mendapatkan (makanan dan minuman) ini mudah, oleh karena itu produk yang didonasikan akan kami jadikan (hadiah) penyemangat untuk anak-anak yang rajin belajar disini”.



YSPP melakukan sosialisasi tentang sampah makanan (30/09/2022) (Sumber: dokumentasi pribadi)

Sebagai sarana edukasi yang mengajarkan nilai-nilai agama Islam, YOI Skul secara rutin melaksanakan kegiatan belajar setelah jam sekolah selesai, tepatnya jam 14.00 - 17.00 setiap hari Senin hingga Kamis. Sejalan dengan kegiatan edukasi tersebut, YSPP juga mengadakan sosialisasi tentang sampah makanan yang dikemas untuk anak-anak yang menjadi sasaran penerima manfaat. Dengan materi sederhana yang dibawakan menggunakan visual yang menarik, kami berharap edukasi tentang sampah makanan ini dapat membangun kesadaran sejak dini tentang pencegahan sampah makanan. YSPP juga mengadakan games berhadiah bertemakan sampah makanan untuk turut mingkatkan semanagt belajar dan melatih keberanian adik-adik di Yayasan Obama Indonesia.


Tentang Yayasan Surplus Peduli Pangan

Yayasan Surplus Peduli Pangan
Yayasan Surplus Peduli Pangan (29/09/2022) (Sumber: dokumentasi pribadi)

Yayasan Surplus Peduli Pangan diinisiasi oleh PT Ekonomi Sirkular Indonesia (Surplus Indonesia) sejak bulan Mei 2021. Kami telah berkomitmen untuk terus memberikan edukasi dan melibatkan seluruh segmen masyarakat agar terus dapat berkontribusi terhadap pencegahan dan pengurangan sampah makanan. Telah bekerjasama dengan puluhan perusahaan dan NGO, kami terus aktif dalam mewujudkan #SadarSampahPangan serta #LingkunganTanpaSampahMakanan, melalui beberapa program yang mendorong kesadaran #LezatTanpaSisa.


Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunjungi website kami di www.surplus.id atau melalui DM instagram di @surplusfoundation.


Contact Person

Alya Fatina Diandari

Executive Director Yayasan Surplus Peduli Pangan

komunitas@surplus.id

0821-1616-3664


43 tampilan0 komentar