Memperjuangkan Pendidikan Generasi Penerus Bangsa bersama Yayasan Indonesia Hijau

Diperbarui: Jun 11

Mencerdaskan kehidupan bangsa adalah cita-cita mulia Indonesia untuk masa depan yang lebih baik. Itu artinya pendidikan merupakan hal penting dan merupakan hak seluruh warga negara. Namun ada situasi tertentu yang menghambat terwujudnya cita-cita ini, mulai dari sulitnya akses pendidikan sampai kondisi ekonomi masyarakat yang kurang mampu. Pada akhirnya, hal ini membuat kelompok dari komunitas Charity of Children Education dan Sekolah Bersama menggagas didirikannya Yayasan Indonesia Hijau pada tahun 2014.


Sumber : Dokumentasi Yayasan Indonesia Hijau


Yayasan Indonesia Hijau bergerak di bidang sosial, pendidikan dan lingkungan dengan berbagai program yang dimilikinya. Khusus untuk program pendidikan, Yayasan Indonesia Hijau mendirikan sekolah sosial bagi anak jalanan, anak pemulung, serta warga yang kurang mampu di Kebagusan, Ragunan, dan Jati Padang Jakarta Selatan. Sekolah sosial yang dinamai “Rumah Peduli” ini bertujuan untuk membantu masyarakat agar mendapatkan pendidikan yang layak dan mewujudkan generasi yang berakhlak mulia, cerdas, mandiri, dan berkarakter.


Mayoritas anak didik dari Rumah Peduli adalah anak-anak yatim, anak-anak dhuafa, anak-anak pemulung, dan anak-anak jalanan. Rumah Peduli memiliki total anak didik sebanyak 148, di mana 60% dari mereka bersekolah formal dan 40% putus sekolah atau tidak berkesempatan sekolah. Anak didik di bawah naungan Rumah Peduli sangat beragam, mulai dari TK/PAUD hingga SMA/MA.



Sumber : Dokumentasi Yayasan Indonesia Hijau


Pada bulan Ramadhan ini, Yayasan Indonesia Hijau mengadakan kegiatan “Ketupat Dhuafa”. Dalam kegiatan ini, Yayasan Indonesia Hijau membagikan sembako, handsanitizer, dan masker kain untuk masyarakat yang membutuhkan, kata Rima saat dihubungi Komunitas Surplus melalui chat WhatsApp. Rima sebagai content writter dari Yayasan Indonesia Hijau juga menjelaskan bahwa kegiatan Ketupat Dhuafa rutin diadakan setiap hari Jumat selama bulan puasa.


Selain itu Yayasan Indonesia Hijau juga melalukakan beberapa kolaborasi untuk kegiatan sosial lainnya. Kerjasama dengan Asean Women Club untuk sekolah kejar paket, kerjasama dengan Yayasan Padi untuk pemeriksaan kesehatan bagi warga dhuafa serta lansia di Depok, dan sebagainya. Yayasan Indonesia Hijau memiliki semangat untuk berperan aktif dalam kegiatan kemanusiaan sesuai dengan misinya.


Bantuan pendidikan untuk masyarakat yang termarjinalkan di Indonesia tentu sangat dibutuhkan. Mengingat cita-cita bangsa Indonesia yang tertuang dalam UUD 1945, maka penting untuk mengambil langkah dan berperan seperti yang dilakukan Yayasan Indonesia Hijau. Karena walau bagaimana pun, pendidikan merupakan hak setiap warga negara karena mereka juga memiliki hak yang sama untuk memiliki masa depan yang cerah.


0 tampilan

Surplus Indonesia

PT Ekonomi Sirkular Indonesia

Jl. HOS. Cokroaminoto No.84-86, RT.1/RW.5, Menteng, Kec. Menteng

BISNIS

KOSTUMER

©2020

  • Black LinkedIn Icon
  • Black Instagram Icon
  • Black Twitter Icon