top of page

Melawan Food Waste dari Rumah Sendiri

Minimnya edukasi tentang food waste dan kebiasaan yang telah menjadi ‘budaya’ dalam menyepelekan makanan sisa telah menimbulkan berbagai macam masalah. Berawal dari food waste, muncul berbagai dampak negatif seperti masalah kelaparan dan gizi buruk akibat banyak makanan yang terbuang, hilangnya pasokan air secara sia-sia karena air merupakan salah satu bahan penyusun dari sebuah makanan, hingga efek rumah kaca dikarenakan gas metana dan CO2 yang terbentuk dari reaksi pembusukan makanan yang terbuang.


Berdasarkan hasil kajian dari BAPPENAS tahun 2021, setiap orang di Indonesia dapat menghasilkan 184 kg food loss & waste dalam setahun. Apabila di total dengan banyaknya penduduk, Indonesia menghasilkan 48 juta ton food loss & waste per tahun yang mana setara dengan porsi makan 125 juta orang. Dari angka tersebut terlihat jelas bahwa banyak dari masyarakat Indonesia yang belum aware terhadap masalah yang dapat disebabkan oleh food loss & waste.


Sebagai makhluk sosial yang bersama-sama tinggal di Bumi, tentunya akan lebih baik bila kita bahu-membahu untuk mengatasi masalah food waste. Berdasarkan Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO), ternyata ada banyak hal sederhana yang dapat kita lakukan untuk mengurangi bahkan menghindari terbentuknya food waste. Berikut beberapa kebiasaan di rumah yang dapat kita terapkan.


Menerapkan pola hidup sehat

Kebiasaan pola hidup sehat dapat membantu kita untuk memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh kita. Berolahraga dan makan makanan yang bergizi merupakan salah satu contoh penerapan pola hidup sehat. Dikutip dari Medical News Today, ada 6 nutrisi yang harus terpenuhi untuk tubuh kita yaitu vitamin, mineral, protein, lemak, karbohidrat, dan air. Masing-masing dari nutrisi tersebut memiliki peran penting dalam menjaga tubuh kita tetap sehat. Dengan mengetahui jenis dan peran makanan dalam memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita, tentunya kita lebih bisa menghargai makanan-makanan tersebut dan sungkan untuk membuangnya dengan sia-sia.


Menyimpan makanan dengan baik

Salah satu tips untuk mengurangi terbentuknya food waste adalah menyimpan makanan kita dengan baik. Seperti yang dilansir dari detikfood, rata-rata rumah tangga di dunia membuang 74 kg makanan dalam setahun dan salah satu penyebabnya adalah makanan tidak disimpan dengan baik sehingga makanan tersebut busuk dan tidak layak konsumsi. Jika makanan yang kita beli disimpan dengan baik dan sesuai dengan kondisi optimum penyimpanannya, makanan tersebut pasti akan bertahan lebih lama dan tidak cepat membusuk. Cara penyimpanan berbagai jenis makanan juga sudah banyak dapat kita temukan di internet. Selain itu, beberapa produk kemasan juga mencantumkan kondisi optimum penyimpanan produk tersebut pada bagian kemasan mereka.


Sumber : unsplash.com

Makan sesuai porsi

Biasakan untuk mengambil makanan sesuai dengan porsi makan kita untuk mengurangi makanan sisa pada piring atau tempat makan kita agar tidak terbuang sia-sia. Pastinya kita sering sekali melihat orang yang mengambil makanan terlalu banyak atau membeli makanan dengan porsi cukup besar namun kenyang sebelum makanan yang tersebut habis sehingga menyisakan makanannya lalu lalu dibuang sia-sia. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Desi Wulansari dan kawan-kawan dari Institut Pertanian Bogor (IPB), jumlah sampah makanan rata-rata yang dibuang dari tempat makan sekitar IPB mencapai 29,413 kg/hari dan tentunya makanan sisa yang tidak termakan memiliki peran yang besar dari terciptanya angka tersebut. Maka dari itu bila kita makan khususnya di rumah ada baiknya kita mengambil makanan sesuai porsi kita, jika memang tubuh kita masih merasa lapar, barulah kita menambah makanan secukupnya atau dengan sedikit demi sedikit.


Sumber : unsplash.com

Berbagi makanan

Memberikan makanan atau berbagi makanan akan menjadi langkah yang tepat mengurangi food waste di rumah. Berbagi makanan dengan orang tua ataupun saudara kita di rumah bukan hanya dapat mengurangi jumlah food waste, tetapi juga dapat mempererat rasa kasih sayang kita pada keluarga kita.


Beberapa hal di atas tentunya adalah sedikit dari sekian banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengurangi food waste dari rumah kita sendiri. Tentunya masih ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mengurangi jumlah food waste. Jika kita dapat mengurangi jumlah food waste di dunia, pastinya kita berperan membantu keberlangsungan makhluk hidup yang tinggal di Bumi ini karena mengurangi emisi yang menyebabkan efek rumah kaca sebagai penyebab pemanasan global. Selain itu dengan memaksimalkan potensi makanan yang kita miliki, tentunya kita bisa lebih berhemat, dapat membantu teman-teman kita di luar sana yang lebih membutuhkan dengan berbagi makanan, dan masih banyak hal positif yang pasti kita dapat lakukan dan kita dapatkan. Dimulai dari diri sendiri, walaupun hanya melakukan hal-hal kecil, percayalah yang kita lakukan akan memberikan impact yang besar untuk dunia. Let’s take action and save the planet from food waste.


Ditulis oleh : Marvin Fachry

Referensi
Dini, D. A. (2021, December 31). Info kuliner. Retrieved from detik food: https://food.detik.com/info-kuliner/d-5484833/tiap-rumah-tangga-di-dunia-buang-74-kg-makanan-setahun
Food and Agriculture Organization of the United Nation. (2021, December 16). Article. Retrieved from https://www.fao.org/fao-stories/article/en/c/1309609/
Medical News Today. (2021, December 31). Articles. Retrieved from https://www.medicalnewstoday.com/articles/326132
Wulansari, D., Ekayani, M., & Karlinasari, L. (2019). Kajian Timbulan Sampah Makanan Warung Makan. Ecothropic, 125-134.
Zuraida, N. (2021, December 16). Blog & News. Retrieved from waste4change: https://waste4change.com/blog/pengelolaan-food-loss-and-waste-yang-baik-untuk-mendukung-keberhasilan-implementasi-pembangunan-rendah-karbon-dan-ekonomi-sirkular/
134 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua