Kurangi Food Waste dari Awal dengan Regrow

Saat membuat beberapa olahan makanan dari sayuran, mungkin banyak orang yang akan langsung membuang sisa-sisa dari sayuran yang tak ikut terpakai, misalnya seperti akar atau batang sayuran. Padahal sisa-sisa dari sayuran tersebut dapat kita regrow dengan memanfaatkan barang-barang yang mudah dicari di rumah kita. Lalu apakah itu regrow? Regrow merupakan cara penanaman kembali sampah sayuran menjadi sebuah tanaman baru.

Sumber : unsplash.com


Menanam kembali sampah sayuran ini sangat bermanfaat sekali karena dapat mengurangi food waste yang dapat berakibat buruk pada lingkungan. Manfaat yang didapat dari regrow ini antara lain ;

  • Menghemat Biaya

Beberapa hasil penanaman kembali dari hasil sisa tersebut akan tumbuh daun dan berbuah. Maka dari itu kita bisa lebih sedikit berhemat uang untuk membeli bahan makanan karena kita dapat memanen hasil dari regrow tanaman kita. Tidak hanya menghemat biaya untuk membeli bahan makanan namun kita juga menghemat biaya untuk membeli benih-benih sayuran dan buah.

  • Menambah Estetika Dapur

Suasana dapur akan lebih menarik dan terlihat lebih segar dengan adanya tanaman sayuran yang di letakkan di dapur.

  • Dapat Dijadikan Hobi

Banyak sekali orang yang mempunyai hobi menanam tumbuhan namun keindahan tanaman yang didapat dari sisa makanan akan lebih menarik lebih kita. Kita juga dapat mengamati fase-fase pertumbuhannya setiap hari di dapur.


Nah, sekarang bagaimana cara kita untuk dapat melakukan regrow dari sisa makanan? Caranya cukup gampang lho, kita tinggal menyiapkan wadah seperti pot, botol plastik sisa atau bahkan gelas untuk tempat penumbuhannya. Setelah itu kita hanya perlu menambahkan air atau tanah sebagai media tanamnya. Lalu tumbuhan apa sajakah yang dapat ditanam dari sisa-sisa makanan? Mari kita simak berikut ini.


1. Daun Bawang (Spring Onion)

www.pinterest.com


Bonggol dari daun bawang sering kali dibuang oleh ibu-ibu memasak. Padahal daun bawang ini bisa kita regrow dengan sangat mudah. Caranya dengan menyisakan bagian akar/bonggol daun bawang sekitar 3 cm dan letakkan di dalam wadah berisi air dengan intensitas cahaya yang cukup. Maka dalam beberapa hari akan muncul daun baru yang dapat kita tambahkan ke dalam masakan.


2. Wortel


Sumber: www.pinterest.com


Penanaman wortel tampaknya kurang digemari oleh orang padahal cukup mudah untuk menanamnya. Wortel hasil sisa makanan tersebut bisa tanam kembali dengan menyisakan bagian kepalanya sekitar 2 cm, kemudian diletakkan pada wadah yang berisi air dimana bagian daerah yang diiris tersebut diletakkan di air. Setelah beberapa hari akan muncul akar dan daun. Hal menandakan wortel untuk siap di media tanah yang lebih besar.


3. Bawang Merah

Sumber: unsplash.com


Bawang merupakan salah satu bumbu wajib yang pasti ada di dapur. Saat mengiris bawang kita bisa untuk menyisihkan sedikit dari bagian akarnya untuk dilakukan regrow. Kemudian taruh akar bawang ke wadah yang terisi air atau tanah. Jika media yang digunakan air, pastikan air jangan sampai menutupi bagian atas dari bawang.


Food waste merupakan masalah utama yang kita hadapi di setiap harinya. Walaupun makanan sisa dapat kita jadikan kompos yang bermanfaat bagi lingkungan, namun sebelum menjadikannya kompos kita dapat me-regrow kembali sampah-sampah yang dapat ditanam. Dengan itu, tidak akan ada sampah sisa yang akan terbuang percuma.