top of page

FOOD HERO FESTIVAL , Aksi Cegah Food Waste oleh Mahasiswa UNPAR dan Surplus Indonesia


(Dokumentasi Surplus, 2023)


Food Hero Festival, sustainability event yang mendukung gerakan anti food waste pertama di Bandung, telah diselenggarakan pada Kamis (5/01) yang lalu. Acara ini merupakan hasil kolaborasi Surplus Indonesia dengan Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) untuk program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM) oleh Kemendikbud. Acara yang berlangsung di kampus UNPAR ini menghadirkan rangkaian festival makanan dengan talkshow dan games berhadiah yang mengusung tema edukasi anti food waste dan aplikasi Surplus sebagai salah satu solusinya.



(Dokumentasi Surplus, 2023)


Acara dimulai dengan sambutan dari Dosen Koordinator MBKM Design Thinking, Dr. Johanna Renny beserta delapan mahasiswa yang mengikuti program tersebut. Lalu, acara dilanjutkan dengan talkshow dengan topik Food Fight : Food Hunger vs Food Waste yang menghadirkan Rektor UNPAR Mangadar Situmorang, Ph.D, Co-founder & Chief Operation Officer (COO) Surplus Indonesia Calvin Rudolph, dan perwakilan mahasiswa yang mengikuti program MBKM Design Thinking. Topik ketimpangan tingkat kelaparan dengan timbulan sampah makanan di Indonesia menjadi bahan diskusi oleh para narasumber.




(Dokumentasi Surplus, 2023)


Festival makanan dimeriahkan oleh mitra Surplus yang memiliki kepedulian dalam masalah food waste di bisnis F&B. Produk makanan dan minuman dari mitra Surplus dapat dibeli dengan harga diskon 50% melalui aplikasi Surplus 1 jam sebelum acara selesai. Dihadirkan juga konsep “Surplus Supermarket” dimana overstock product kemasan dari mitra Surplus dapat dibeli dengan diskon 50% melalui aplikasi Surplus dan diambil di tempat. Hal ini bertujuan mencegah food waste dari overstock product selama festival berlangsung.


Melalui acara ini, mahasiswa yang menjadi sasaran pengunjung pada acara ini diharapkan dapat teredukasi mengenai permasalahan food waste. Untuk itu, edukasi mengenai food waste dikemas menggunakan cara yang menyenangkan dalam games berhadiah. Pengunjung tidak hanya bisa bersenang-senang, tapi juga tergerak untuk menjadi bagian dari aksi pencegahannya. Sesuai dengan tagline dari acara Food Hero Festival, Be the Hero to Zero Food Waste, diharapkan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini mulai dari pelaku bisnis, institusi pendidikan, serta kalangan mahasiswa dapat menjadi penyelamat dari ancaman food waste yang dapat berbahaya bagi lingkungan.


(Dokumentasi Surplus, 2023)



Tentang Surplus Indonesia

(Dokumentasi Surplus, 2023)


Surplus Indonesia adalah start-up yang mengembangkan aplikasi Surplus untuk dapat membeli overstock product dari bisnis F&B dengan harga selalu diskon 50%. Misi Surplus adalah membangun ekosistem pencegahan food waste di Indonesia dengan membantu bisnis F&B agar tidak merugi akibat stok makanan yang berlebih sekaligus mencegah timbulan food waste yang dapat berbahaya bagi lingkungan. Saat ini, aplikasi Surplus dapat digunakan di Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Malang, dan Bali. Download aplikasinya di Google Play dan App Store.



Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunjungi website kami di www.surplus.id atau melalui DM instagram di @surplusindonesia atau email ke partnership@surplus.id.

37 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua