top of page

Dukung Sustainable Business Peduli Lingkungan, Petikine dan Surplus Lakukan Ini

Sustainable business saat ini kian dikenal masyarakat. Konsep usaha ini tidak hanya berfokus pada profit, namun juga dampak menyeluruh jangka panjang. Sustainable business mengacu pada perusahaan yang dapat mencapai tujuan bisnis jangka panjang yang memperhatikan aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Dokumentasi Pribadi Petikine


Salah satu media platform yang konsisten menghadirkan beragam informasi seputar sustainable living yaitu Petikine. Media platform ini berfokus kepada penyebaran informasi dan edukasi mengenai gaya hidup sehat dan berkelanjutan kepada masyarakat luas. Fokus utama Petikine yaitu seputar Healthy Eating, Green Living, Eco-friendly, dan Sustainable Consumption & Production. Semua usaha informatif dan edukatif yang Petikine lakukan dimaksudkan untuk membangun kepedulian bersama demi mendukung kelestarian lingkungan dan kehidupan yang berkelanjutan.


Berangkat dari isu lingkungan dan misi Petikine untuk meningkatkan kesadaran mengenai sustainable business, melalui timnya, Petikine sebagai media platform hadir menyediakan beragam informasi guna meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kehidupan yang berkelanjutan. Usaha meningkatkan pengetahuan mengenai sustainable business ini dilakukan, salah satunya dengan cara menyebarkan berbagai informasi terkait beragam isu yang perlu diperhatikan masyarakat luas.


Dalam menjalankan misinya, Petikine mendukung pelaku usaha yang peduli dengan lingkungan dan gaya hidup berkelanjutan dengan melakukan kerjasama yang dapat berdampak terhadap masyarakat umum. Kerjasama tersebut berupa kemitraan yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak, utamanya pelaku usaha yang mengedepankan sustainable business tersebut.


Ditemui pada hari Senin, 22 Agustus 2022, Fikri selaku Founder Petikine mengungkapkan tekadnya membangun Petikine. “Saat ini banyak orang yang semakin aware dengan kesehatan, baik kesehatan fisik maupun mental. Mulai dari olahraga, makanan sehat, pola hidup seimbang, lingkungan hidup sekitar yang sehat, dan pola konsumsi barang dan jasa yang mendukung dampak positif dari pembuatan maupun dari setelah pakai. Saya pribadi sangat senang saat ini sudah banyak pelaku usaha yang peduli akan hal-hal positif tersebut dan konsumen yang semakin ingin akan hadirnya para pelaku usaha ini”


“Faktor kesehatan menjadi hal yang penting. Begitu orang peduli dengan kesehatannya sendiri, kepeduliannya terhadap lingkungan juga bakal tumbuh dengan sendirinya. Mulai dari memperhatikan pemakaian plastik, mengurangi sampah, gak menggunakan produk dan material yang terurai lama di lingkungan,” jelas Fikri. Ia juga mengungkapkan “Maka dari itu saya berkeinginan untuk membangun Petikine sebagai wadah informasi dan inspirasi bagi yang belum memulai ataupun yang ingin memulai hidup yang berkelanjutan.”


Beragam isu spesifik yang menjadi fokus perhatian Petikine seperti kegiatan usaha yang memperhatikan dampak lingkungan, memiliki prinsip circular economy, dan sustainable production dalam setiap proses bisnisnya. Selain itu inovasi dan kegiatan yang bertemakan lingkungan seperti hemat energi dan minim limbah. Adapun kegiatan yang mendorong investasi pada upaya yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, akan didukung penuh oleh Petikine. Beragam skema kolaborasi dihadirkan oleh Petikine dengan mengharapkan agar semua pihak tetap dapat saling berkolaborasi positif. Utamanya dalam mencapai tujuan yang sama yaitu meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai sustainable business.


Salah satu bentuk dukungan Petikine terhadap sustainable business ditunjukkan melalui kolaborasinya dengan Surplus Indonesia. Petikine dan Surplus Indonesia membuat kolaborasi untuk membangun awareness publik terhadap urgensi sampah sisa makanan. Kolaborasi tersebut dilakukan melalui fitur Instagram collaboration dengan meberikan fakta mengenai dampak buruk food waste. Tidak hanya sampai disitu, demi membangun kepercayaan publik terhadap sustainable business yang dimiliki Surplus, kolaborasi melalui Instagram reels juga turut dilakukan. Unggahan berdurasi 54 detik tersebut memuat ulasan mengenai berbagai produk yang ada di aplikasi Surplus Indonesia.


Kolaborasi antara Petikine dan Surplus Indonesia diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, terutama mengenai food waste. Dimana, masyarakat dapat mengambil andil dalam mengurai food waste dengan menggunakan aplikasi Surplus Indonesia.




24 tampilan0 komentar