Cireng Nasi Anti Gagal untuk Teman Ngemil Sore bareng Keluarga

Kalian pasti pernah denger kalimat “Kalau nasinya gak habis nanti dia nangis lho” pas kecil, bener ngga? Karena aku pun cukup sering mendengar kalimat itu dilontarkan tiap kali aku menyisakan nasi saat menyantap hidangan bersama ibuku. Dan sebenarnya itu bener gak sih? Hehe, ngga ya Heroes karena sebenarnya tujuan ibu kita ngomong kayak gitu biar kita ngga buang-buang nasi atau makanan lainnya (dan kayaknya juga serem ya semisal nasi yang ngga kita habisin bakalan nangis tersedu-sedu di bak sampah). Nah, terus kalian tau ngga sih ternyata limbah nasi di Indonesia itu sebagian besar diakibatkan oleh orang-orang yang tergesa-gesa untuk berangkat bekerja ataupun berangkat sekolah. Dan, tentu hal ini jika dibiarkan akan menjadi momok yang mengerikan untuk ketahanan pangan Indonesia kedepannya.


Terus, apa sih yang bisa kita lakukan untuk mengurangi limbah nasi tersebut? Jawabannya adalah dengan berkreasi, berkreasi dengan sisa nasi yang mungkin tidak sempat Kita habiskan dan menyulapnya menjadi sebuah hidangan yang lezat untuk dinikmati oleh keluarga di sore hari.


Oleh karena itu, kali ini aku akan coba share resep cireng nasi yang cocok banget buat ngemil di sore hari bareng keluarga kalian. Simak yuk!


Alat :

1. Penggorengan

2. Minyak

3. Spatula

4. Baskom

5. Sendok

6. Centong

7. Pisau dan Talenan


Bahan :

∙ 200 gr nasi sisa bersuhu ruang

∙ Air hangat secukupnya

∙ Daun Bawang

∙ Garam dan penyedap

∙ 75 gram tepung bumbu putih instan

∙ Bumbu tempe instan

∙ Cabai bubuk gurih


Nah, dari alat dan bahan yang sudah disebutkan di atas kayaknya udah pada tersedia ya di dapurnya masing-masing. Sekarang lanjut ke proses pembuatannya!

1. Masukkan nasi ke dalam baskom, jika nasi dirasa masih belum menyatu (pulen) bisa ditambah sedikit air panas sembari diaduk dengan centong nasi.

2. Masukkan tepung bumbu putih instan seluruhnya ke dalam baskom berisi nasi kemudian aduk kembali dengan centong nasi

3. Potong 1 batang daun bawang tipis-tipis, kemudian campurkan ke dalam adonan nasi yang berada di baskom, lalu koreksi rasa dengan menambahkan garam dan penyedap.

4. Panaskan minyak dalam wajan, kemudian ambil secukupnya adonan cireng nasi dengan menggunakan sendok makan.

5. Setelah minyak dalam wajan sudah cukup panas, masukkan adonan cireng nasi dan goreng hingga keemasan.

6. Tiriskan cireng nasi yang telah matang, tata di atas piring, kemudian taburkan bubuk cabai gurih di atasnya sebagai pelengkap.

7. Cireng nasi siap disantap di sore hari bersama keluarga!


Wah, mudah bukan proses pembuatannya dan sisa nasinya gak melulu diolah jadi nasi goreng aja. Maka dari itu, yuk berkreasi dengan sisa nasi di rumah dan menjadi pahlawan pangan dengan mengurangi limbah pangan di lingkungan kita.



Sumber : https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/AGROMIX/article/view/1461


68 tampilan0 komentar