Cara Unik Mengolah Sisa Makanan yang Sering kamu Anggap Sepele

Hai Surplus Hero! Permasalahan food waste ini rasanya nggak habis-habis ya. Pola hidup konsumtif terus saja dilakukan oleh orang-orang diluar sana, hingga ada riset yang mengatakan bahwa jumlah makanan sisa di dapur rumah tangga sudah mencapai 3.257 dari 1.041 dapur di Indonesia.


Kali ini blog Surplus akan berbagi tips sederhana untuk mengolah limbah makanan yang sering ditemui di rumah.


Daun teh bekas saringanmu

Sumber : unsplash.com


Setelah kalian minum teh, tentunya kalian sering mendapati daun teh di dasar gelas yang tentunya nggak akan kalian minum. Daripada dibuang, bisa banget loh jadi pupuk buat tanaman-tanamanmu. Tinggal simpan di bawah sinar matahari selama 2-3 hari, kemudian campurkan dengan tanah tanamanmu.


Susu yang sudah hampir expired


Sumber : unsplash.com


Rasanya beli susu tuh selalu udah pas, tapi tetep panik setiap mendekati tanggal expired? Jangan panik, dan ayo coba bikin puding atau pannacota, bisa juga kreasikan susu yang hampir basi dengan membuat yoghurt rumahan atau dijadikan isian kue sus. Selain ngga bosen karena minum susu terus, kalian juga bisa melatih keterampilan masak kalian dengan bikin olahan-olahan dari susu.


Pisang yg terlalu matang

Sumber : www.foodnavigator.com


Pengen pisang tapi setiap beli harus sesisir. Haduhh.. bosen banget ya kalau makan buah pisang terus setiap hari. Akhirnya malah didiemin berhari-hari sampai akhirnya jadi lembek dan agak coklat. Tenang aja itu belum busuk kok, teman. Pisang yang terlalu matang itu enak banget lho dibikin pisang goreng, dimakan sama roti bakar, sampai dimasukkan kulkas untuk dibikin jadi smoothie. Kalian jadi punya variasi menu untuk menyantap pisang deh!


Pakai freezer

Sumber : unsplash.com


Untuk makanan lain, masih bisa kalian ‘selamatkan’ dengan langsung masukin ke freezer kalau belum ingin dimakan keesokan harinya. Karena freezer memperlambat pembusukan makanan, bahkan sampai beberapa bulan lho. Jadi kalau kayaknya kalian masih punya banyak makanan, kulkasin dulu yuk.


Nggak terlalu susah kan? Kalian jadi bisa mencoba kreasi baru setiap ada makanan yang sudah hampir expired. Yey, happy tummy happy me.


24 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua