Bulk Store: Pengalaman Berbelanja Menarik yang Ramah Lingkungan

Siapa nih yang sudah punya pengalaman belanja di bulk store? Bagaimana pengalaman kalian berbelanjan di bulk store? Bagi yang belum mendengar atau mengetahui tentang bulk store, pastinya artikel ini akan sangat menarik untuk dibaca! Bulk store adalah toko grosir yang memiliki konsep ramah lingkungan. Produk yang dijual di bulk store tidak dikemas sehingga para konsumen harus membawa sendiri wadah dan tas belanjanya. Jadi tidak ada lagi sampah kemasan atau sampah plastik sekali pakai. Pada dasarnya, berbelanja di bulk store sama artinya dengan mendukung gaya hidup minim sampah (zero waste).


Sumber : unsplash.com


Produk yang dijual di bulk store meliputi produk pangan hingga produk perawatan tubuh seperti sampo dan sabun. Jika di toko lain hanya menyediakan produk kemasan dengan ukuran atau takaran tertentu, di bulk store kita bisa menimbang seberapa banyak kebutuhan yang diperlukan. Tentunya hal ini juga bisa mencegah food waste karena produk yang kita beli adalah sesuai kebutuhan, misalnya kita hanya memerlukan 500 gram kacang hijau maka kita bisa menimbang dan membelinya tepat sesuai kebutuhan. Bulk store tidak menentukan batas pembelian, maka pembeli tentu akan diuntungkan dengan hal ini.


Berbelanja di bulk store membuat kita lebih menyadari setiap kebutuhan dan rencana untuk stok makanan ataupun stok produk lainnya di rumah. Kita belajar untuk memperkirakan jumlah produk yang kita butuhkan. Mungkin selama ini kita terbiasa dengan membeli produk yang sudah dikemas dengan ukuran tertentu dan tak jarang terbuang begitu saja karena kita sudah tidak membutuhkannya atau bahkan terlanjur kedaluwarsa. Namun berbelanja di bulk store menjadi suatu hal yang positif bagi diri kita sekaligus sebagai upaya untuk menerapkan gaya hidup yang minim sampah.


Belanja di bulk store terlihat menyenangkan dan patut untuk dicoba. Bayangkan kita membeli sampo home made dengan membawa wadah sendiri dan bisa ditakar sesuai kebutuhan. Produk-produk yang dijual di bulk store juga berbahan natural. Dari segala sisi, bulk store menawarkan keuntungan untuk pembeli dan juga lingkungan. Yang menjadi kekhasan dari bulk store adalah produk tanpa kemasan, produk berbahan natural, serta pembeli bisa membeli dan menakar kuantitas produk sesuai kebutuhan. Di Indonesia sudah terdapat bulk store di beberapa daerah seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Bali, dan lain-lain. Kalian bisa mencoba datang ke bulk store terdekat dan jangan lupa membawa wadah dan tas belanja sendiri.


Sumber : Channel Youtube Paprika Living Magazine

Surplus Indonesia

PT Ekonomi Sirkular Indonesia

Gedung KUK Lantai 3 Room A - 303A
Jl. Utan Kayu Raya No. 68H, Utan Kayu Utara, Matraman, Jakarta Timur 13120
Telp. 021-22081284 (Senin–Jumat pk. 09:00–18:00WIB)

BISNIS

KOSTUMER

©2020

  • Black LinkedIn Icon
  • Black Instagram Icon
  • Black Twitter Icon